Jumat, April 08, 2011

CD-ROM

CD-ROM (merupakan singkatan dari "memori compact disc read-only") adalah compact disc pra-menekan yang berisi data dapat diakses, tetapi tidak dapat ditulis oleh, sebuah komputer untuk penyimpanan data dan pemutaran musik, tahun 1985 "Buku Kuning" standar yang dikembangkan oleh Sony dan Philips disesuaikan format untuk menyimpan segala bentuk data biner.
CD-ROM yang populer digunakan untuk mendistribusikan perangkat lunak komputer, termasuk game dan aplikasi multimedia, walaupun setiap data dapat disimpan (sampai batas kapasitas disk). Beberapa CD menyimpan data komputer baik dan audio dengan mampu terakhir yang dimainkan pada CD player, sedangkan data (seperti perangkat lunak atau video digital) hanya dapat digunakan pada komputer (seperti PC ISO 9660 format CD-ROM).
Ini disebut CD ditingkatkan.
Meskipun banyak orang menggunakan huruf kecil dalam singkatan ini, presentasi yang tepat dalam huruf kapital semua dengan tanda hubung antara CD dan ROM. Pada saat perkenalan teknologi saja memiliki kapasitas lebih dari hard drive komputer umum pada saat itu. sebaliknya sekarang benar, dengan hard drive jauh melebihi CD, DVD dan Blu-ray, meskipun beberapa keturunan percobaan itu seperti HVD mungkin memiliki lebih banyak ruang dan lebih cepat daripada kecepatan data hard drive terbesar saat ini.


Media
CD-ROM disc adalah identik dalam tampilannya CD audio, dan data disimpan dan diambil dengan cara yang sangat mirip (hanya berbeda dari CD audio dalam standar yang digunakan untuk menyimpan data). Cakram dibuat dari disk 1,2 mm tebal plastik polikarbonat, dengan lapisan tipis aluminium untuk membuat permukaan yang reflektif. Ukuran yang paling umum dari disk CD-ROM adalah 120 mm diameter, meskipun kecil CD Mini standar dengan diameter 80 mm, serta ukuran non-standar banyak dan bentuk (misalnya, usaha media seukuran kartu) juga tersedia.
Data disimpan pada disk sebagai rangkaian lekukan mikroskopis. laser adalah bersinar ke permukaan reflektif dari disk untuk membaca pola pit dan land ("lubang", dengan kesenjangan antara mereka disebut sebagai "tanah"). Karena kedalaman lubang sekitar satu-0:45-keenam dari panjang gelombang sinar laser digunakan untuk membaca disk, fase sinar tercermin adalah bergeser dalam kaitannya dengan berkas yang masuk, menyebabkan gangguan yang merusak dan mengurangi intensitas sinar tercermin's . Pola perubahan intensitas sinar tercermin diubah menjadi data biner.

Standar
Ada beberapa format digunakan untuk data yang tersimpan di compact disc, disebut sebagai Rainbow Buku. Ini termasuk standar Merah asli Buku untuk audio CD, Buku Putih dan Buku Kuning CD-ROM. ISO / IEC 10149 / ECMA-130 standar, yang memberikan gambaran menyeluruh fisika dan lapisan fisik dari CD-ROM, termasuk cross-interleaved Reed-Solomon coding (CIRC) dan delapan-ke-empat belas modulasi (EFM) , dapat didownload dari ISO atau ECMA.


ISO 9660 mendefinisikan sistem file standar dari CD-ROM, walaupun itu adalah karena digantikan oleh ISO 13490 (yang juga mendukung CD-R dan multi-session). UDF meluas ISO 13346 (yang dirancang untuk non-sekuensial write-sekali dan kembali ditulisi cakram seperti CD-R dan CD-RW) untuk dukungan media read-only dan re-writeable dan pertama kali diadopsi untuk DVD. Spesifikasi CD bootable, untuk membuat CD meniru hard disk atau floppy, disebut El Torito.
CD-ROM drive dinilai dengan faktor kecepatan relatif terhadap CD musik (1 × atau 1-kecepatan yang memberikan data transfer rate 150 / s KIB). 12 drive × mulai umum pada awal 1997. Diatas 12 × kecepatan, ada masalah dengan getaran dan panas. kecepatan sudut konstan (CAV) drive memberikan kecepatan hingga 30 × di tepi luar dari disk dengan kecepatan rotasi yang sama dengan kecepatan linear standar konstan (CLV) 12 ×, atau 32 × dengan sedikit peningkatan. Namun karena sifat CAV (kecepatan linear pada tepi dalam masih hanya 12 ×, meningkatkan lancar di-antara) peningkatan throughput yang sebenarnya kurang dari 30/12 - pada kenyataannya, sekitar 20 × rata-rata untuk disc benar-benar penuh, dan bahkan lebih sedikit untuk satu sebagian diisi.

Masalah dengan getaran, karena misalnya batas simetri dicapai dan kekuatan di media massa yang dihasilkan, berarti bahwa kecepatan drive CDROM belum secara besar-besaran meningkat sejak akhir tahun 90an. Lebih dari 10 tahun kemudian, drive yang umum tersedia bervariasi antara 24 × (slimline dan unit portabel, 10 × kecepatan spin) dan 52 × (biasanya unit CD-dan read-only, 21 × kecepatan putaran), semua menggunakan CAV untuk mencapai mereka mengklaim " max "kecepatan, dengan 32 × melalui 48 × paling umum. Meskipun demikian, kecepatan ini dapat menyebabkan membaca miskin (koreksi kesalahan drive telah menjadi sangat canggih dalam respon) dan bahkan menghancurkan media buruk dibuat atau rusak secara fisik, dengan retak kecil cepat tumbuh menjadi pecah bencana saat centripetally menekankan pada 10.000 - 13.000 rpm (yaitu 40 -52 × CAV). Tinggi kecepatan rotasi juga menghasilkan kebisingan yang tidak diinginkan dari getaran disk, udara bergegas dan motor spindle itu sendiri. Syukurlah, drive abad ke 21 yang paling memungkinkan terpaksa mode kecepatan rendah (dengan menggunakan program utilitas kecil) demi keselamatan, membaca akurat atau diam, dan secara otomatis akan kembali jika sejumlah besar kesalahan membaca berurutan dan retries yang ditemukan.
Metode lain untuk meningkatkan kecepatan baca yang diuji coba seperti menggunakan kepala beberapa pickup, meningkatkan throughput hingga 72 × dengan kecepatan putaran 10 ×, namun seiring dengan teknologi lain seperti media 90 ~ 99 menit direkam dan "double density" recorder, utilitas mereka dibatalkan oleh pengenalan DVDROM drive konsumen mampu konsisten 36 × kecepatan CDROM (4 × DVD) atau lebih tinggi. Selain itu, dengan CDROM 700MB sepenuhnya dapat dibaca di bawah 2 ½ menit di 52 × CAV, peningkatan kecepatan transfer data aktual semakin menurun berpengaruh pada kecepatan drive keseluruhan efektif bila dipertimbangkan dengan faktor-faktor lain seperti bongkar muat, pengakuan media, spin up / bawah dan acak mencari kali, membuat banyak kembali menurun pada investasi pembangunan.

Efek stratifikasi serupa sejak terlihat dalam pengembangan DVD mana kecepatan maksimum telah stabil di 16 × CAV (dengan kasus yang luar biasa antara 18 dan 22 × ×) dan kapasitas sebesar 4,3 dan 8.5GiB (single layer dan dual), dengan kecepatan yang lebih tinggi dan kapasitas yang melayani kebutuhan bukannya oleh drive Blu-Ray.


format CD-ROM

Sektor CD-ROM yang berisi 2.352 byte, dibagi menjadi 98 frame 24 byte. Tidak seperti CD musik, CD-ROM tidak bisa mengandalkan penyembunyian error dengan interpolasi, dan karena itu memerlukan keandalan yang lebih tinggi dari data yang diambil. Dalam rangka mencapai koreksi kesalahan diperbaiki dan deteksi, CD-ROM memiliki lapisan sepertiga dari koreksi kesalahan Reed-Solomon [4] Sebuah Mode-1 CD-ROM, yang memiliki tiga lapisan penuh data koreksi kesalahan, berisi. Jaring 2.048 byte dari 2.352 yang tersedia per sektor. Dalam 2 CD-ROM Mode-, yang banyak digunakan untuk file video, ada 2.336 byte pengguna-tersedia per sektor. Tingkat byte bersih-ROM 1 CD-Mode, berdasarkan perbandingan dengan standar CDDA audio, adalah 44100 Hz × 16 bit / sampel × 2 saluran × 2.048 / 2.352 / 8 = 153,6 kB / s = 150 KiB / s. Waktu bermain adalah 74 menit, atau 4.440 detik, sehingga kapasitas bersih-ROM Mode-1 CD adalah 682 MB atau, dengan kata lain, 650 MiB.
A 1 kecepatan drive CD × reads 75 sektor berturut-turut per detik.

isi CD sektor
• Sebuah min 74 standar. CD berisi 333.000 balok atau sektor.
sektor

• Setiap 2.352 byte, dan berisi 2.048 byte PC (mode 1) data, 2.336 byte PSX / (mode 2) data VCD, atau 2.352 byte audio.
• Perbedaan antara ukuran sektor dan isi data adalah informasi header dan kode error-correcting, yang besar untuk data (presisi tinggi yang diperlukan), kecil untuk VCD (standar untuk video) dan tidak ada untuk audio.
• Jika mengekstraksi disk dalam format baku (standar untuk menciptakan gambar) selalu ekstrak 2.352 byte per sektor, tidak 2.048 / 2.336 / 2.352 byte tergantung pada jenis data (pada dasarnya, mengeluarkan seluruh sektor). Fakta ini memiliki dua konsekuensi utama:
CD data o Merekam pada kecepatan yang sangat tinggi (40 ×) dapat dilakukan tanpa kehilangan informasi. Namun, seperti CD audio tidak mengandung lapisan ketiga error-correcting kode, rekaman ini dengan kecepatan tinggi dapat mengakibatkan kesalahan dipulihkan lebih atau 'klik' di audio.

o Pada CD 74 menit, seseorang dapat sesuai gambar yang lebih besar menggunakan modus baku, hingga 333.000 × 2.352 783.216.000 byte = (~ 747 MiB). Ini adalah batas atas untuk gambar mentah diciptakan pada menit 74 atau 650 ~ MiB CD Buku Merah. Peningkatan 14,8% ini disebabkan oleh pembuangan data koreksi kesalahan
o Pola sync untuk Mode 1 CD adalah 0xff00ffffffffffffffff00ff
• Sebuah ukuran gambar selalu merupakan kelipatan dari 2.352 byte (ukuran blok) ketika mengekstrak dalam mode mentah.

Layout type

← 2,352 byte block →

CD digital audio:

2,352
Digital audio

CD-ROM (mode 1):

12
Sync.

4
Sector id.

2,048
Data

4
Error detection

8
Zero

276
Error correction

CD-ROM (mode 2):

12
Sync.

4
Sector id.

2,336
Data


Industri
Artikel utama: Compact Disc manufaktur
Pra-menekan CD-ROM secara massal-yang dihasilkan oleh proses stamping dimana disk master kaca dibuat dan digunakan untuk membuat "stampers", yang pada gilirannya digunakan untuk pembuatan beberapa salinan dari disk akhir dengan lubang yang sudah ada. Recordable (CD-R) dan ditulis ulang (CD-RW) cakram yang diproduksi oleh metode yang berbeda, dimana data yang dicatat pada mereka dengan laser mengubah properti dari pewarna atau bahan fase transisi dalam proses yang sering disebut sebagai "terbakar".

Kapasitas
CD-ROM dengan mudah dapat menyimpan keseluruhan kata-kata sebuah ensiklopedia bahasa Inggris dan gambar, ditambah klip audio & video
CD-ROM kapasitas biasanya dinyatakan dengan prefiks biner, mengurangi ruang yang digunakan untuk data koreksi kesalahan. Sebuah standar 120 mm, 700 MB CD-ROM sebenarnya bisa menahan sekitar 737 MB (703 MiB) data dengan koreksi kesalahan (atau 847 MB total). Sebagai perbandingan, lapisan-tunggal DVD-ROM dapat menyimpan 4,7 GB data kesalahan yang dilindungi, lebih dari 6 CD-ROM.

Capacities of Compact Disc types (90 and 99 minute discs are not standard)


Type

Sectors

Data max. size

Audio max. size

Time

(MB)

Approx. (MiB)

(MB)

(min)

8 cm

94,500

193.536

184.570

222.264

21

283,500

580.608

553.711

666.792

63

650 MB

333,000

681.984

650.391

783.216

74

700 MB

360,000

737.280

703.125

846.720

80

800 MB

405,000

829.440

791.016

952.560

90

900 MB

445,500

912.384

870.117

1,047.816

99

Note: megabyte (MB) and minute (min) values are exact; MiB values are approximate.


CD-ROM drive
CD-ROM disc dibaca dengan menggunakan drive CD-ROM. Sebuah drive CD-ROM dapat dihubungkan ke komputer melalui interface IDE (ATA), SCSI, S-ATA, Firewire, atau USB atau antarmuka proprietary, seperti interface CD Panasonic. Hampir semua CD-ROM drive modern juga dapat memainkan CD audio serta Video CD dan standar data lain bila digunakan bersama dengan software yang tepat.
CD-ROM drive kadang-kadang bisa menjadi istilah yang tidak cocok untuk drive baru yang mampu untuk membaca dan membakar DVD, CD penerus yang sekarang menjadi standar optical disc drive.


Laser & optik
CD-ROM drive mempekerjakan 780 nm dioda laser dekat-inframerah. Sinar laser diarahkan ke disk melalui pelacakan modul opto-elektronik, yang kemudian mendeteksi apakah balok telah dibukukan atau tersebar.

Tingkat Transfer
Jika CD-ROM dibaca pada kecepatan rotasi yang sama seperti CD audio, kecepatan transfer data adalah 150 KiB / s, sering disebut sebagai "1 ×". Pada kecepatan data, melacak bergerak sepanjang bawah spot laser sekitar 1,2 m / s. Untuk mempertahankan kecepatan linear sebagai kepala bergerak optik untuk posisi yang berbeda, kecepatan angular adalah bervariasi dari 500 rpm di tepi dalam sampai 200 rpm di tepi luar. Dengan meningkatkan kecepatan disk berputar, data dapat ditransfer pada tingkat yang lebih besar. Sebagai contoh, sebuah drive CD-ROM yang dapat membaca pada 8 × kecepatan berputar disk pada 1600-4000 rpm, memberikan kecepatan linier 9,6 m / s dan transfer rate 1200 KiB / s. Di atas 12 × kecepatan drive paling membaca kecepatan putar Konstan (CAV, rpm konstan) sehingga motor tidak dibuat untuk mengubah dari satu kecepatan ke lain sebagai kepala mencari dari satu tempat ke tempat pada disk.

Dalam mode CAV itu "×" nomor menunjukkan transfer rate di tepi luar dari disk, di mana ia maksimal. 20 × dianggap kecepatan maksimum karena kendala mekanis sampai Samsung Electronics memperkenalkan-SCR 3230, sebuah drive CD-ROM 32x yang menggunakan sistem bantalan bola untuk menyeimbangkan disk berputar pada drive untuk mengurangi getaran dan kebisingan. Pada 2004, transfer rate tercepat yang umum tersedia adalah sekitar 52 × atau 10.400 rpm dan 7,62 MiB / s. kecepatan putaran yang lebih tinggi dibatasi oleh kekuatan plastik polikarbonat yang cakram dibuat. Pada 52 ×, kecepatan linear dari bagian terluar disk adalah sekitar 65 m / s. Namun, perbaikan masih bisa diperoleh dengan menggunakan laser pickup beberapa seperti yang ditunjukkan oleh × TrueX Kenwood 72 yang menggunakan tujuh sinar laser dan kecepatan rotasi dari sekitar 10 ×.
drive CD-Recordable yang sering dijual dengan tiga peringkat kecepatan yang berbeda, satu kecepatan write-kali operasi, satu untuk menulis ulang operasi, dan satu untuk operasi read-only. Kecepatan biasanya tercantum dalam urutan itu, yaitu drive 12 × / 10 × / 32 × CD bisa, CPU dan media memungkinkan, menulis ke cakram CD-R di 12 × kecepatan (1,76 MiB / s), tulis ke CD-RW disc sebesar 10 × kecepatan (1,46 MiB / s), dan cakram CD membaca dari pada 32 × kecepatan (4,69 MiB / s).


Peringkat 1 × kecepatan untuk CD-ROM (150 KiB / s) adalah berbeda dari peringkat 1 × kecepatan untuk DVD (1,32 MiB / s).

Sistem laser Drive CD.

Common data transfer speeds for CD-ROM drives

Transfer speed

KiB/s

Mbit/s

RPM

150

1.23

200–500

300

2.46

400-1,000

600

4.92

800–2,000

1,200

9.83

1,600–4,000

10×

1,500

12.3

2,000–5,000

12×

1,800

14.7

2,400–6,000

20×

1,200–3,000

up to 24.6

4,000 (CAV)

32×

1,920–4,800

up to 39.3

4,800 (CAV)

36×

2,160–5,400

up to 44.2

7,200 (CAV)

40×

2,400–6,000

up to 49.2

8,000 (CAV)

48×

2,880–7,200

up to 59.0

9,600 (CAV)

52×

3,120–7,800

up to 63.9

10,400 (CAV)

56×

3,360–8,400

up to 68.8

11,200 (CAV)

72×

6,750–10,800

up to 88.5

2,000 (multi-beam)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar