Sabtu, April 09, 2011

SISTEM INFORMASI

Pengertian Sistem Informasi

Seeungguhnya yang dimaksud dengan sistem informasi tidak harus melibatkan komputer. Sistem informasi yang menggunakan komputer bisa disebut SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER (computer-based information system atau CBIS). Dalam Prakteknya, istilah sistem informasi sering dipakai tanpa embel-embel berbasis komputer walaupun dalam kenyataannya komputer erupakan bagian yang penting. Yang dimaksud sistem informasi adalah sistem yang berbasis komputer.

Definisi :

Alter (1992) => SI adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.

Bodnar dan Hoopwod (1993) => SI adalah kumpulan perangkat keras dan lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data dalam bentuk informasi yang berguna.

Gelinas,Oram, dan Wiggins (1990) => SI adalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada pemakai.

Hall (2001) => SI adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai.

Turban, McLean, dan Wetherbe (1999) => SI adalah sebuah sistem informasi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan spesifik.

Wilkinson (1992) => SI adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia, komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa SISTEM INFORMASI mencakup sejumlah komponen (manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja), ada sesuatu yang diproses (data menjadi informasi), dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran tau tujuan.

Sember : Pengenalan SISTEM INFORMASI
(Abdul Kadir) Andi Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar