Jumat, April 08, 2011

TEKNIK MEMILIH KOMPUTER

Pengguna komputer tentu menginginkan komputer yang dapat digunakan untuk semua jenis aplikasi yang diperlukannya. Untuk mendapatkan komputer yang sesuai maka kita harus memilih dengan berpedoman pada faktor kebutuhan. Faktor kebutuhan terkait dengan tujuan penggunaan komputer, siapa penggunanya dan software aplikasi yang akan digunakan.

Selain dari faktor kebutuhan, pengetahuan tentang hardware komputer diperlukan agar dapat memilih komponen komputer yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam memilih komponen komputer juga harus memperhatikan kemampuan kerja , harga, kesesuaian, keseimbangan dan kemungkinan upgrade dari komponen yang dipilih.

Analisa Kebutuhan

Langkah pertama dalam memilih komputer adalah membuat analisa kebutuhan. Dengan membuat analisa kebutuhan maka dapat diketahui spesifikasi komponen yang diperlukan serta fitur kelengkapan yang harus dimiliki komputer.

Prosedur membuat analisa kebutuhan sebagai berikut.

  1. Tentukan besar anggaran yang tersedia
  2. Deskripsikan tujuan penggunaan komputer yakni apakah sebagai server jaringan , sarana hiburan multimedia, bermain games, pekerjaan kantor, database, pengolahan gambar, video editing, dan sebagainya.
  3. Buat daftar software aplikasi beserta sistem operasi yang dibutuhkan.
  4. Cantumkan semua jenis hardware beserta kelengkapan yang diperlukan untuk mengoperasikan software tersebut seperti modem, port firewire, network card, port USB, sound card, speaker, video capture, TV tuner dan sebagainya.
  5. Tentukan persyaratan hardware minimal dari setiap software aplikasi dan sistem operasi , seperti jenis prosessor, kapasitas hardisk dan memori.
  6. Buat rekapitulasi seluruh komponen beserta spesifikasi minimum yang dapat memenuhi semua kebutuhan aplikasi


Spesifikasi Hardware

Semua komputer baik dari jenis rakitan atau build up pada dasarnya sama, yakni disusun dari sejumlah komponen komputer. Pada komputer jenis build up juga diberikan spesifikasi dari komponen yang dipakai, oleh karena itu pemahaman tentang spesifikasi hardware diperlukan dalam menilai kualitas komputer.

Berikut adalah spesifikasi dari komponen komputer yang umum

  1. Motherboard
  2. Casing dan Power Supply
  3. Prosessor
  4. Harddisk
  5. Monitor
  6. Keyboard dan Mouse
  7. CD drive

Faktor pertimbangan memilih monitor adalah :

· Teknologi monitor
Pilihan yang tersedia adalah LCD atau CRT, Jenis CRT tersedia pilihan layar datar, semi flat atau standar (cembung). Kelebihan layar LCD adalah warnanya lebih jernih namun lebih mahal

· Ukuran monitor
Ukuran monitor adalah panjang diagonal layar dalam satuan inci. Ukuran yang umum adalah 14”, 15”, 17”, 19” dan 21”. Semakin besar ukuran monitor maka tampilan akan lebih jelas namun harganya lebih mahal.

· Resolusi monitor
Resolusi adalah ukuran banyaknya elemen gambar (pixel) dalam arah vertikal dan horisontal. Nilai resolusi umumnya adalah 800 X 600 (SVGA) , 1024 X 768 (XGA) , 1280 x 1024 (SXGA) atau 1600 X 1200 (UXGA). Monitor modern umumnya dapat diset pada beberapa ukuran resolusi yang berbeda namun harus ditunjang oleh kemampuan dari video card.

· Sistem kontrol
terdiri dari analog dan digital. Monitor digital memiliki sistem pengontrolan untuk brightness, kontrast, ukuran dan posisi layar dengan tampilan menu sedangkan jenis analog memakai tombol putar.


1 komentar:

  1. apik...Danz...>_<

    artikel'a tambah terus ya?

    masukin ja tuh tgs2 kuliah dari jaman jebot mpe skarang...
    dari pada jamuran d lepi..:D

    oia gambar2'a jngan lupa dksh jga...

    BalasHapus